Friday, June 15, 2007

Ilmu Geodesi kita saat ini...


Tahun 1990, Teknik Geodesi dapat ditemukan di 6 perguruan tinggi yaitu Universitas Winaya Mukti, ITENAS Bandung, ITB, Universitas Pakuan Bogor, UGM dan ITN Malang. Saat itu era Teknologi GPS sedang berkembang. Saat ini telah bertambah perguruan tinggi yang membuka jurusan Teknik Geodesi diantaranya Universitas Diponegoro dan ITS Surabaya. Masing - masing perguruan saling berkompetisi untuk menampilkan kekuatan dan kemampuanya. Jurusan Teknik Geodesi pun mulai berbenah menyesuaikan perkembangan teknologi yaitu teknologi informatika. Sehingga saat ini lebih dikenal dengan Teknik Geomatika.
Perkembangan ini pun disikapi secara proaktif oleh alumni dengan semakin giat menambah kemampuan dibidang aplikasi informatika di bidang ilmu kebumian. Nah,..rekan - rekan angkatan 90 tentunya tidak mau ketinggalan dengan perkembangan ini. banyak dari rekan - rekan 90 sekarang sedang belajar atau bahkan banyak yang sudah menguasai bidan Geomatika baik secara ilmiah maupun aplikasinya. Ada baiknya kajian - kajian ilmiah maupun proyek itu disajikan atau dipublikasikan secara populer sebagai sarana untuk pembelajaran bagi masyarakat secara umum.
Rekan - rekan 90 yang ada di kampus UGM baik yang aktif meneliti dan mengajar maupun yang sedang studi lanjut bisa menjadi motor penggeraknya. Akan lebih baik lagi bisa dibuka forum diskusi ilmiah diantara kita. Untuk informasi, sebentar lagi alumni Geodesi 90 khususnya akan memiliki satu master dibidang penataan lahan pesisir. Teknologi dalam penataan lahan pesisir ini lumayan bagus dan kita bisa belajar dari aplikasi yang dikembangkan untuk bisa dikembangkan dibidang lain. Hanya sekedar mengingatkan kembali " ilmu yang kita peroleh merupakan amanah dari Allah SWT, dan salah satu bekal untuk di kemudian hari adalah ilmu yang bermanfaat ".

No comments: