Wednesday, July 11, 2007

BASA BASI YANG BASI....

Basa basi merupakan salah satu ciri orang Indonesia dalam berkomunikasi. Basa basi diperlukan untuk mencairkan suasana dan menyampaikan maksud dengan halus. Dalam berkomunikasi terdapat 3 unsur utama yang perlu diperhatikan, yaitu penyampai ( pembicara), penerima ( pendengar ) dan berita ( pokok masalah ). Jika salah satu dari 3 unsur tersebut tidak ada maka terdapat suatu kegagalan komunikasi. Maksud tidak ada salah satu dari 3 unsur disini bukan hanya tidak ada secara fisik tetapi juga menyangkut mengenai perhatian terhadap komunikasi yang berlangsung. Di jaman sekarang ini, penyampaian informasi sudah sangat maju, ada berbagai bentuk komunikasi, diantaranya komunikasi langsung / lisan, komunikasi tertulis dll. Media yang dipakai juga banyak, diantaranya telepon, internet, media cetak dll.
Dengan kondisi seperti sekarang ini, komunikasi merupakan faktor penting dalam kehidupan. Kembali ke soal basa basi, basa basi banyak caranya. Dari sekedar menanyakan kabar sampai ke hal yang lebih tinggi. Dalam arena diplomasi pun diperlukan basa basi, karena faktor kehati-hatian perlu dijaga agar hubungan komunikasi tidak terputus. Basa basi terkadang menjadi penghambat dalam menerima informasi. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak kata yang diucapkan sedang pokok informasi yang seharusnya tidak secara lengkap dapat diperoleh. Dalam hal seperti ini, dirasakan basa basi kita akan menjadi basi atau tidak berguna. Menurut pakar komunikasi, inti masalah dalam komunikasi merupakan sasaran dalam berkomunikasi tanpa menimbulkan asumsi - asumsi yang berbeda, sedangkan basa basi diperlukan untuk menjaga hubungan berkomunikasi. Bisa diibaratkan bila kita sedang membicarakan tentang motor, maka fokus komunikasi pada motor bukan kepada lain, misalkan dimana membuat kunci duplikatnya.
Basa basi merupakan bagian dari budaya komunikasi masyarakat Indonesia, tapi di era sekarang ini, harus bisa dipilih basa basi seperti apa yang cocok dengan suasana, jangan memilih basa basi yang sudah basi. Karena kita yang akan merugi.

No comments: